Komunitas Tanda Petik

Share This Post

Esai

Menguji Layanan PDAM Intan Banjar, Begini Hasilnya

Pipa PDAM Bocor

TandaPetik.Com – Hampir semua manusia membutuhkan air, khususnya air bersih. Dan, Allah mengirimkan air ke dunia ini secara gratis. Cara mendapatkannya pun bermacam-macam, bisa langsung menimbanya di sumur, mengambilnya di sungai, menampungnya langsung dari sumber mata air dan masih banyak cara lainnya.

Di negara kita ini, hampir di setiap kawasan memiliki Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Ditinjau dari namanya, perusahaan ini berarti milik daerah dengan tupoksi untuk mengelola air minum. Saya berpikir, kenapa tidak dinamakan Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB), yang fungsinya menyediakan air bersih. Faktanya, memang demikian bukan? Kalau tidak percaya, coba siapa yang mau terus menerus meminum air dari PDAM secara langsung tanpa diolah kembali (direbus)?

Menurut saya, PDAM bukan mengelola air minum, tapi fokus air bersih. Air bersih tersebut kemudian memiliki banyak variabel secara fungsionalitas. Bisa diolah sebagai air minum, mencuci, menyiram tanaman, mandi, dan pihak PDAM tak akan mempermasalahkan jika air yang mereka alirkan melalui jaringan pipa ke rumah Anda tersebut kemudian digunakan hanya untuk menyiram kotoran ternak atau unggas seperti ayam, sapi, kambing dan burung. Tidak ada masalah untuk itu selama Anda selalu membayar tagihan tiap bulannya.

Ingat, distribusi air yang disediakan PDAM bukan bersih untuk langsung diminum. Anda harus mengolahnya kembali agar layak minum. PDAM hanya penyedia air bersih dengan kualitas layak pakai. Tapi kalau Anda mau langsung minum sih, suka-suka Anda. Jika kemudian hari Anda sakit akibat bakteri, timbal, tembaga yang masih terbawa air dari PDAM, resiko ditanggung masing-masing.

Tapi, apakah pihak PDAM memberikan warning atau peringatan tersebut kepada pelanggannya? Jika ada atau pernah, dimana peringatan tersebut tersematkan? Kalau tidak ada, bisakah kita menuntut pihak PDAM? Lain waktu, saya ingin mencari informasi ini ke pihak PDAM langsung, sekaligus menanyakan prosedur hukumnya kepada rekan-rekan yang ngerti hukum.

Menguji Layanan PDAM Intan Banjar

Sebagai pelanggan air bersih (saya tidak akan mengatakan air minum), di PDAM Intan Banjar, wajarlah jika sesekali menguji keterampilan dan kesiapan layanan mereka. Contoh sederhana yang saya alami, menguji ketika terjadi kerusakan pipa.

Kadangkala, sebagai warga, kita sering lalai menyimpan nomor-nomor telpon penting milik kepolisian, PDAM, PLN, Pemadam Kebakaran dan lain-lain. Saat membutuhkan untuk memberi laporan atau pengaduan, akhirnya kita repot sendiri. Tanya ke tetangga, ternyata para tetangga juga tidak menyimpan. Herannya, justru terkadang nomor telpon mantan pacar justru masih disimpan. Hehehe…Jadi bagaimana?

Untuk diketahui bersama, PDAM Intan Banjar memiliki layanan website. Di sinilah saya menguji kesetiaan layanan PDAM Intan Banjar. Apakah pembuatan website milik Intan Banjar cuma buat pencitraan belaka tanpa didukung sumber daya manusia yang memadai seperti website milik pemerintah daerah kebanyakan? Hanya website yang tidak terurus meski biaya pembuatannya cukup mahal?

Saya menulis ini berdasarkan pengalaman pribadi. PDAM Intan Banjar mau tersinggung, marah, kecewa dengan saya pun tak masalah. Mau suka, bahagia, atau bersenang-senang pun itu urusan mereka.

Pernah pipa PDAM Intan Banjar yang mengalir ke rumah saya bocor. Airnya mengalir kemana-mana. Sempat sih berpikir mengambil selang dan langsur mengalirkannya ke rumah saya. Tapi saya sadar, ini tidak fair dan merugikan banyak orang. Seperti yang tadi saya bilang, saya tidak menyimpan nomor pengaduan ke PDAM Intan Banjar. Bagaimana mau menyimpan, saya memang tidak pernah mendapatkannya kok.

Akhirnya, saya berburu melalui internet dan menemukan situs PDAM Intan Banjar. Ada satu menu yang tujuannya untuk menyampaikan laporan atau pengaduan. Saya senang sekaligus pesimis. Saya senang karena bisa melaporkan masalah pipa bocor tadi. Saya pesimis, jangan-jangan tidak ditanggapi.

Saya mengirimkan pengaduan pagi hari, dan hasilnya siang hari tim pihak ketiga dari PDAM Intan Banjar melacak alamat yang saya kirimkan. Tralalala, ternyata pihak PDAM Intan Banjar merespon sangat cepat. Pengalaman ini terjadi dua kali. Dan, lagi-lagi respon PDAM Intan Banjar mengirimkan bala bantuan sangat cepat.

Prestasi PDAM Intan Banjar

Untuk pihak PDAM Intan Banjar jangan bersenang hati dulu. Penanganan pipa bocor bukan prestasi yang patut dirayakan dengan bersulang. Bukankah semua itu memang demi kepentingan Anda? Bayangkan kalau saya atau warga lainnya diam-diam saja, maka akan ada berapa liter kubik air yang hilang tanpa ada yang membayar? Dalam hitungan dagang, PDAM Intan Banjar yang rugi. Sebagai pelanggan, jelas saya pun akan dirugikan karena air yang dari jauh sana tidak mengalir ke rumah saya.

Meski demikian, kesigapan dan berakhir dengan tindak lanjut dari PDAM Intan Banjar merespon pengaduan via website adalah sesuatu yang patut diacungi jempol. Respon cepat inilah yang menjadi prestasi mereka dan patut diberikan tepuk tangan. Mereka sadar sebagai perusahaan milik daerah, bukan hanya sekadar ingin mencari keuntungan, tapi juga sinergi dalam memberikan pelayanan yang terbaik.

Dari pengalaman tersebut, saya pun yakin, SDM PDAM Intan Banjar memiliki kualifikasi yang bisa dihandalkan, khususnya dalam hal pelayanan di bidang IT. Semoga saja hal ini juga ditiru oleh perusahaan daerah atau milik negara, bahkan pemerintah sendiri yang kaitannya dengan pelayanan publik. Jangan cuma memiliki website buat gengsi-gengsian. Apalagi tidak didukung dengan SDM yang memadai.

SABUN HERBAL PROLIVERA - PERAWATAN WAJAH
pilihan terbaik untuk wajah bersih dan sehat, putih mempesona. Mengandung Propolis, Collagen, dan Aloe Vera. Info klik Di sini!

Iklan Anda di sini
Deskripsi iklan

Iklan Anda tampil di sini
Deskripsi iklan

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE
TANDAPETIK.COM
Kontak Informasi TandaPetik.Com
Media Partner: tandapetikcom@gmail.com
Iklan: iklantandapetik@gmail.com

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>