Ulasan

Meet And Greet Arumi Ekowati, Peserta Sangat Antusias

TandaPetik.Com – Meet and Greet bersama penulis Arumi Ekowati yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan berlangsung meriah. Meet and Greet ini dipandu langsung oleh Kepala Dispersip, Hj Nurliani Dardie yang diwakili Kepala Seksi Pelayanan dan Kerjasama Dispersip Provinsi Kalsel, Selasa, (10/7/2018).

Seperti yang pernah kami tulis sebelumnya tentang Arumi Ekowati, keseriusan Arumi menulis dimulai sejak 2012, dan selama ini sudah menghasilkan 28 Novel. Artinya, dalam rentang waktu kurang lebih 6 tahun menggeluti dunia penulisan novel, bisa dikatakan Arumi sangat produktif, dan tak sedikit dari hadirin yang memperlihatkan reaksi terkejut, berdecak kagum dengan pencapaian Arumi.

Acara yang dihadiri dari kalangan mahasiswa, dosen dan pelajar ini semakin menarik ketika sesi pertanyaan dibuka. Banyak peserta mengajukan pertanyaan mulai dari sejarah kepenulisan Arumi Ekowati, proses kreatifnya, hingga teknis dalam penulisan.

Salah seorang penanya, dosen dari Banjarmasin sempat menanyakan kiat-kiat agar naskah novel diterima penerbit mayor. Alasan pertanyaan itu mengingat anaknya juga sedang menggeluti penulisan novel namun masih terbit secara Indie.

Terkait pertanyaan dosen tersebut, Arumi menceritakan awalanya ia berjuang hingga akhirnya menembus penerbit mayor.

“Untuk bisa diterima penerbit mayor itu memang berat,” ungkapnya. “Saya juga bertahun-tahun dari 2012, dari penerbit kecil dan akhirnya mereka (penerbit mayor) tertarik. Butuh proses yang panjang,” lanjut Arumi. Dijelaskannya pula, sebagai penulis juga harus memiliki kepekaan terhadap industri penerbitan.

Lebih lanjut, sebagai penulis novel, Arumi Ekowati banyak menulis novel berlatar luar negeri. Ia mengakui bahwa semua tempat itu tidak ia kunjungi. Sehubungan itu, Mahasiswa bernama Mahdania mengajukan pertanyaan cara Arumi menggali informasi untuk mendeskripsikan tempat di dalam novelnya.

Menurut Arumi, menulis tempat belum dikunjungi itu gampang. Asal kita tulis sesuai hasil riset kita. Riset bisa menggunakan internet, buku, atau bertanya kepada orang-orang yang pernah mengunjungi tempat-tempat tersebut.

“Memang hasilnya akan jauh lebih kalau kalau kita bisa langsung mengunjungi tempat tersebut. Kita bisa lebih merasakan dan menggambarkan secara detil,” pungkasnya.

Sekadar informasi, acara meet and greet Arumi Ekowati merupakan salah satu kegiatan dari sekian banyak kegiatan yang masih akan dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel. Dari info yang kami dapatkan, masih akan ada berbagai workshop penulisan, lomba penulisan, dan lain-lain.

Tags

ardian

Saya adalah penggemar segala hal. Satu hal yang tidak saya gemari, berpikir!

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin