Tips dan Trik

Maraknya Penipuan Berkedok Rekrutmen, Berikut Tips dari PT. PLN Kalselteng

Baca Dulu Tipsnya, Biar Kamu Tidak Jadi Korban Penipuan

TandaPetik.Com – Belum lama ini, di Balikpapan kembali terjadi penipuan berkedok rekrutmen PT PLN melalui poster dan surat pemberitahuan rekrutmen palsu yang beredar. Lalu bagaimana yang ada di daerah lainnya seperti di PT PLN Wilayah Kalselteng?

Tim TandaPetik.Com mencoba mencari informasi lebih lanjut dengan cara mengkonfirmasi pihak PT. PLN Kalselteng melalui Supervisor Humas, Kemitraan dan Bina Lingkungan PLN Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN Kalselteng) Bayu Asweda. Kami mendapatkan beberapa informasi penting terkait penipuan mengatasnamakan perusahaan listrik negara tersebut. Silakan baca terus informasinya.

Tanggapan Maraknya Penipuan Mengatasnamakan PT. PLN

Menurut Bayu -panggilan akrabnya- , penipuan model seperti ini juga banyak terjadi di perusahaan besar lainnya. Tidak hanya PLN saja yang menjadi korban. NamaΒ  seperti Pertamina, Wijaya Karya pun juga dimanfaatkan para pelaku penipuan.

Untuk PT. Kalselteng sendiri, Bayu mengatakan tidak ada informasi yang mereka dapatkan terjadinya penipuan mengatasnamakan PT PLN Wilayah Kalselteng.

Menyikapi hal itu, tim tandapetik.com mendapatkan tips untuk mencegah adanya korban penipuan ini.

Tips Menghindari Penipuan Mengatasnamakan PT PLN

1. Ingat! Calon Pelamar Tidak Dipungut Biaya

Sebagai perusahaan besar tentu PT PLN selalu menginformasikan kepada masyarakat, rekrutmen PT PLN tidak bakal dikenakan biaya sepeserpun.

“Antisipasi kami, kami selalu menginfokan kepada calon pelamar bahwa proses rekrutmen di PLN tidak dipungut biasa seperserpun,” ujar Bayu.

Artinya, kalau menemukan rekrutmen mengatasnamakan PLN dengan meminta imbalan atau sejumlah biaya tertentu, bisa dipastikan adalah modus penipuan.

2. Logo dan Nama Direksi Umumnya Asal-asalan.

Meski otak para pelaku penipuan encer, belum tentu pintar dalam mengakali sesuatu. Bayu menyebutkan, kalau penipu biasanya menggunakan logo dan nama direktur yang asal-asalan.

“Sebenarnya kalau mau jeli, pengumuman penipuan itu bisa dibedakan, karena biasanya logonya cuma asal, kemudian penyebutan nama direktur pun asal,” ucap Bayu

3. Cek Pengumuman Rekrutmen hanya di pln.co.id atau medsos resminya.

Nah, kalau ingin melamar di PLN, jangan langsung percaya terhadap orang lain. Apalagi selebaran yang bertebaran di media sosial dengan akun yang tidak jelas siapa pemiliknya.Β  Kalau terdapat pengumuman rekrutmen langsung saja cek laman pln.co.id.

Terkait rekrutmen PT. PLN Wilayah Kalselteng, sudah dilaksanakan beberapa bulan lalu, untuk kapasitas lulusan SMK. Dan, saat ini sudah memasuk proses interview (wawancara). Jadi, saat ini, sudah tidak ada lagi rekrutmen baru.

“Memang pernah ada tapi beberapa bulan lalu. Itupun rekrutmen tingkat smk dan ini memasuki tahap review,” tutup bayu.

Nah, bagi Anda pengunjung setia TandaPetik.Com, demikian informasi soal maraknya Penipuan Berkedok Rekrutmen dan Tips langsung dari PT. PLN Kalselteng untuk menghindari penipuan tersebut. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.

Tags

ardian

Saya adalah penggemar segala hal. Satu hal yang tidak saya gemari, berpikir!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin