Pencil

Liburan ke Perpustakaan Palnam Itu Menyenangkan

TandaPetik.Com – Liburan panjang kemarin hampir saja aku menghabiskan waktu di rumah. Saat sudah seminggu waktu berjalan, rasa bosan pun mulai menyerang. Biasanya saat liburan aku pergi ke rumah Nenek. Tapi liburan kali ini berbeda, aku hanya berlibur di rumah sambil menghibur diri dengan berbagai macam buku bacaan.

Rasa suntuk membuatku malas merapikan buku-buku yang sudah kubaca dan membiarkannya berhamburan di kamar. Aku yakin ayah bisa merasakaan suasana hatiku saat itu. Tanpa direncanakan, ayah lantas mengatakan sesuatu yang membuatku terlonjak kegirangan. Ayah mengajakku berlibur ke perpustakaan Provinsi Kalimantan Selatan yang biasa disebut perpustakaan palnam.

Kata ayah, di sana tempatnya menyenangkan. Banyak buku anak-anak yang bisa kubaca sepuasnya. Selain itu, tempatnya juga luas lengkap dengan taman dan tempat bermain. Mendengar cerita itu, aku dibuat tidak sabar untuk segera pergi ke sana.

Aku pun segera mengganti baju tidurku dengan baju khusus bepergian, tapi sebelum itu aku mandi dulu dong! Saat Ayah, Ibu, dan adikku sudah siap kami pun berangkat. Wah! Jalanan sudah dipenuhi motor dan mobil, banyak asap yang keluar dari knalpot motor milik orang-orang. Ditambah cuaca sedang panas, napasku semakin terasa sesak dibuatnya.

Singkat cerita, aku sangat terkagum-kagum dengan Perpustakaan Palnam. Bentuk bangunan perpustakaannya sangat menarik karena di desain serupa rumah adat Banjar. Itu belum seberapa, baru berada di halaman saja, aku sudah disuguhi pemandangan patung bertemakan orang membaca buku. Setelah puas menikmati taman, bermain ayunan, aku lantas menuju perpustakaan anak yang letaknya terpisah dengan buku-buku untuk orang dewasa.

Saat masuk ke dalam perpustakaan anak, hanya satu kata yang bisa kuucapkan. Keren. Banyak sekali buku-buku, namanya juga perpustakaan pasti banyak buku dong! Aku ke perpustakaan ini ada tujuannya loh, tujuannya untuk membaca buku cerita serial anak-anak.

Saat aku memilih-milih buku, adikku bermain bongkar pasang dengan ditemani sang Ibu.Ya! Aku mendapatkan dua buku cerpen. Aku membaca satu buku cerpen dan yang satunya lagi aku pinjam untuk dibawa pulang.

O, ya. Sebelum diijinkan meminjam buku. Aku harus menjadi anggota perpustakaan palnam terlebih dahulu. Jangan khawatir, caranya mudah sekali. Saat aku mulai mendaftar, petugas perpustakaan ramah sekali membantuku. Proses pendaftaran sudah menggunakan komputer. Jadi aku harus mengetikkan biodataku. Setelah selesai, petugas perpustakaan mengarahkanku untuk pengambilan gambar. Wow, canggih sekali. Tak lama kemudian, kartu anggota perpustakaan provinsi Kalsel pun sudah kumiliki. Cepat sekali layanannya. Selanjutnya sudah bisa ditebak. Sebagai anggota perpustakaan, aku diijinkan meminjam koleksi buku yang ada di sana.

Oke! Itulah pengalamanku pergi ke perpustakaan Palnam. Kusaranin kalian jangan ragu untuk pergi ke perpustakaan ini, selain tempatnya bagus, koleksi bukunya juga banyak. Baiklah, kapan-kapan akan aku ceritakan lagi pengalaman yang lain.

Tags

Aqila Gendhis Mazaya

Hai, kamu boleh memanggil saya dengan nama, Gendhis. Saat ini saya masih sekolah di SDN 3 Kemuning, Kota Banjarbaru. Saya senang membaca buku dan menuliskan cerita. Salam kenal buat semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin