Komunitas Tanda Petik

Share This Post

Kesehatan

Lengkap, 20 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

TandaPetik.Com – Manfaat bawang merah bagi kesehatan banyak sekali bisa kita rasakan. Selain untuk penyedap masakan, bahan makanan berjenis umbi akar ini diketahui mengandung antibakteri dan antiseptik. Dengan kata lain, bawang merah memiliki fungsi ganda, yakni sebagai penyedap masakan dan efek kesehatan bagi tubuh. Dari hasil penelusuran dan berbagai referensi, setidaknya ada 20 manfaat bawang merah bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

20 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

 

1. Mencegah Kanker

Bawang merah telah diketahui mampu menghancurkan kanker sel kolon dan payudara. Kandungan quercetin dan antosianin dalam bawang merah dipercaya mampu menghambat dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bagi Anda yang memiliki masalah jantung, cobalah mengonsumsi bawang merah. Pasalnya, kandungan flavonoid pada bawang merah dapat membantu kerja jantung.

3. Mencegah Penyakit Kardiovaskuler

Bawang merah diketahui kandungan organosulfur yang berfungsi untuk mencegah resiko munculnya penyakit kardiovaskuler.

4. Menurunkan Resiko Stroke

Bawang merah mengandung tiosulfinat yang dapat menurunkan resiko penyakit stroke.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kandungan sulfur pada bawang merah dipercaya mampu menurunkan gula darah. Oleh sebab itu, Anda yang memiliki masalah terkait gula darah, coba tambahkan bawang merah ke dalam menu makanan anda.

6. Melancarkan Pencernaan

Bagi Anda yang memiliki gangguan pencernaan, cobalah untuk mengonsumsi bawang merah. Pasalnya, bawang merah mengandung serat yang baik bagi pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Bawang merah pun dipercaya dapat mencegah diare dan sembelit.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Beberapa peneliti menyebutkan bahwa bawang merah dapat mencegah osteoporosis. Selain itu, bawang merah dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang dengan menjaga massa tulang.

8. Mencegah Peradangan

Anda yang sering mengalami radang, terutama radang tenggorokan, mulailah mengonsumsi bawang merah. Pasalnya, kandungan quercetin pada bawang merah dipercaya dapat meredakan radang.

9. Mengurangi Nyeri Sinus

Bawang merah juga dapat membantu mengurangi nyeri kepala karena sinus dan hidung tersumbat. Hal ini disebabkan oleh kandungan sulfur pada bawang merah yang mampu menghancurkan mukus.

10. Memperkuat Sistem Imun

Bawang merah mengandung selenium, yang dipercaya mampu meningkatkan sistem imun. Dengan memakan bawang merah, sistem imun akan bekerja dan Anda akan terhindar dari infeksi penyakit. Jika ingin memperkuat sistem imun, cobalah untuk mengonsumsi bawang merah, baik mentah maupun matang.

11. Memperlancar Sistem Pernafasan

Bawang merah merupakan salah satu obat antiradang. Oleh sebab itu, penderita asma dan alergi disarankan mengonsumsi umbi-umbian yang satu ini. Bawang merah pun dipercaya dapat memperlancar sistem pernafasan.

12. Meningkatkan Kualitas Tidur

Anda yang sulit tertidur pulas, berpikirlah untuk mulai mengonsumsi bawang merah. Rempah-rempah yang satu ini mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan meredakan stress. Di samping itu, bakteri baik yang terdapat bawang merah dipercaya mampu merangsang kinerja otak.

13. Baik untuk Kesehatan Mata

Kandungan sulfur yang terdapat pada bawang merah ternyata baik untuk kesehatan mata. Zat tersebut mampu merangsang produksi protein yaitu glutathione, yang berperan sebagai antioksidan. Vitamin E yang terkandung pada bawang merah sangat baik untuk mata.

14. Menghentikan Peradangan

Dengan mengoleskan irisan bawang merah kepada kulit yang terluka dapat menghentikan peradangan karena bawang merah memiliki antiflamasi

15. Meredaksi Iritasi dan Gatal

Dengan mengoleskan getah pada bawang merah dapat meredakan rasa sakit, gatal dan iritasi karena digigit serangga seperti nyamuk

16. Mengurangi Nyeri Menstruasi

Mengkonsumsi bawang merah mentah dapat mengurangi nyeri menstruasi pada wanita karena bawang merah memiliki antiflamasi

17. Menghaluskan Kulit

Mengoleskan bawang merah pada kulit kaki yang kasar dapat menghaluskan kulit dan kulit kaki terlihat lebih cantik

18. Meringankan Demam

Jika terkena serangan flu cobalah untuk membungkus kaki dengan kaos kaki yang telah dimasukkan sepotong bawang yang diletakkan dibawah telapak kaki kemudian tidurlah. Bawang merah akan meringankan demam dan menurunkan suhu tubuh.

19. Meredakan Mual

Saat merasa mual konsumsilah bawang merah untuk meredakannya

20. Pertumbuhan Rambut

Dengan Mengoleskan bawang merah dikulit kepala dapat mempercepat pertumbuhan rambut lebih cepat panjang.

SABUN HERBAL PROLIVERA - PERAWATAN WAJAH
pilihan terbaik untuk wajah bersih dan sehat, putih mempesona. Mengandung Propolis, Collagen, dan Aloe Vera. Info klik Di sini!

Iklan Anda di sini
Deskripsi iklan

Iklan Anda tampil di sini
Deskripsi iklan

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE
TANDAPETIK.COM
Kontak Informasi TandaPetik.Com
Media Partner: tandapetikcom@gmail.com
Iklan: iklantandapetik@gmail.com

Share This Post

Penulis lepas dan menerima pesanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>