Esai

Koran, Media Daring Begitu Kejam Dengan Kau

TandaPetik.Com – Benarkah Media daring begitu kejam menindas media cetak seperti yang diisukan banyak orang? Ramalan kematian media cetak akibat kebangkitan media daring memang sempat digaungkan. Dulu media daring ini sempat diremehkan. Pasti, kalian pembaca artikel ini sempat meremehkan media daring itu bangkit, ayo ngaku!

Sekarang, media daring bagai mesin roda yang terus berputar. Tidak berhenti, kecuali dirimu tidak mengaksesnya. Bahkan saking ngerinya. Kamu dipaksa untuk mengaksesnya. Ah kalian ngaku saja, pasti melihat berita yang sebenarnya itu tidak perlu tetap kamu klik. Umpan alias clickbait digunakan hampir semua media daring untuk menarik pengunjung. Mana ada, media cetak menggunakan clickbait. Kalau ada, itu koran tidak laku.

Sebenarnya, kalian sedih tidak sih, kalau koran itu tidak ada lagi. Coba bayangkan, seandainya tidak ada lagi media cetak. Bangun tidur kan biasanya, kita harus menyeduh kopi atau teh dulu sebelum membaca koran. Sekarang, bangun tidur langsung membuka ponsel pintar dengan mata setengah sadar.

Media cetak sebenarnya masih mendapatkan pembacanya. Kan, generasi 60-70-an masih ada di jaman gendeng ini. Ketika, generasi super old itu tidak ada. Apakah media cetak itu masih mendapatkan pembacanya? Tentu masih.

Jikalau media cetak masih menjaga kenetralitasannya, tentunya masih dibaca oleh anak muda jaman sekarang ini. Bahkan, hal menarik yang hanya didapatkan di media cetak tidak didapatkan di media daring. Seperti, tidak adanya hoax di media cetak. Mana ada, bisnis media cetak yang dibangun dengan kepercayaan harus memberikan hoax kepada pembacanya. Dari kesimpulan yang diceritakan ini. Tidak ada yang tersakiti bahkan hingga kejam. Sebab, keduanya masih memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri. Berikut keunggulan, antara media cetak dan media daring.

Keunggulan dan Kelemahan Media Cetak

  1. (Keunggulan) Tidak ada hoax
  2. (Keunggulan) Tidak ada clickbait
  3. (Keunggulan) Mendapatkan berita yang lebih dalam
  4. (Kelemahan) Lamban soal berita peristiwa
  5. (Kelemahan) tidak banyak kontennya
  6. (Kelemahan) Kita harus beli

Keunggulan Media Daring

  1. (Keunggulan) Mudah diakses
  2. (Keunggulan) Banyak pilihan konten
  3. (Keunggulan) Mendapatkan informasi dengan cepat
  4. (Keunggulan) Tidak perlu beli
  5. (Kelemahan) Kita tetap harus mengakses dengan paket data
  6. (Kelemahan) Kita banyak mendapatkan berita hoax
  7. (Kelemahan) Sering kali ada clickbait saja

Sebenarnya, keunggulan dan kelemahan kedua media ini masih banyak lagi. Mungkin, kalian lebih tahu. Intinya, kita sebagai penikmat informasi harus lebih berhati-hati. Terlebih dalam memilih media yang ada. Untuk mendapatkan informasi yang jelas, tidak hoax, mudah diakses dimana saja dan cepat . Kalian bisa membacanya di koranbanjar.net. Sekian dari saya. terima amplop.

Tags

ardian

Saya adalah penggemar segala hal. Satu hal yang tidak saya gemari, berpikir!

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin