Esai

Hitung-Hitungan Biaya Mendukung Timnas Indonesia di Piala Dunia 2018

TandaPetik.Com – Dalam rangka menyemarakkan pesta 4 tahunan sepak bola dunia atau yang akrab dikenal dengan Piala Dunia atau Pildun mau pun PD, atau dalam kamus bahasa Inggris disebut World Cup, kali ini TandaPetik.Com mencoba membahas tentang biaya pendukung setia Timnas Garuda (seandainya) berlaga di Piala Dunia 2018, Rusia.

Perlu diketahui pendukung Timnas Garuda memiliki berbagai cara dalam memberikan dukungan, hal ini berdasar pada pengalaman saat Timnas menjalani pertandingan sekelas AFC, AFF, ataupun pertandingan persahabatan melawan Timnas negara lain.

Cara pendukung Timnas Garuda mendukung saat Timnas bertanding ada yang menyaksikan langsung di stadion, lewat siaran (televisi, streaming) baik yang berbayar mau pun yang gratisan tergantung selera.

Nah, seandainya Timnas Garuda berlaga di Piala Dunia Rusia tentunya pendukung-pendukung Timnas tercinta pasti mikir-mikir buat memberikan dukungan langsung ke Rusia. Pastinya mereka akan hitung-hitung harga tiket pesawat, biaya penginapan selama di sana, tiket masuk stadion, biaya makan dan lain-lain.

Berapa Biaya Mendukung Timnas Indonesia di Piala Dunia 2018?

Kali ini TandaPetik.com mencoba menghitung biaya dari beberapa item yang pasti saja, seperti harga tiket pesawat Indonesia-Rusia pulang dan pergi, harga tiket masuk stadion dan biaya penginapan selama berada di sana. Untuk biaya lain-lain nanti kita coba ambil rata-rata aja, misal kebutuhan lain-lain itu nanti kita kenakan Rp 300 ribu perhari.

Baiklah, kali ini saya coba membahas tiket pesawat Indonesia-Rusia untuk pergi dan pulang. Ketika tanda petik mencoba melakukan pencarian data harga tiket dengan berselancar diberbagai web penyedia layanan jasa pembelian tiket.

Rata-rata tiket yang ditawarkan berada di kisaran 20-35 juta untuk satu kali naik pesawat. Dalam hal ini kita coba ambil harga tengah-tengah, anggap saja satu tiket seharga Rp 27 juta, jadi untuk pulang pergi dibutuhkan dana sebesar kurang lebih Rp 54 Juta.

Oke, 54 Juta sudah untuk harga tiket. Beruntung jika kita sudah jauh-jauh hari bersiap untuk memesan tiket misal dari 6 bulan yang lalu, bisa saja akan dapat diskon besar (tapi apa ada tiket yang sudah bisa dipesan dari 6 bulan sebelumnya?).

Selanjutnya, yang perlu dipikirkan ketika berada di Rusia dalam rangka mendukung Timnas berlaga terkait tempat tinggal atau menginap selama disana. Seperti kita tahu, setidak tim yang lolos ke putaran final Piala Dunia pasti akan melakoni tiga pertandingan di fase grup.

Nah, untuk fase grup diperkirakan dilaksanakan selama 13 hari. Jadi bisa dihitung terlebih dahulu, kita harus menyiapkan uang untuk sewa penginapan selama 13 hari untuk menyaksikan fase grup, belum lagi ketika Timnas bisa melaju ke partai selanjutnya, misal ke babak 16 besar, 8 besar, Semi Final dan Final maka dibutuhkan waktu selama 30 hari tinggal disana.

Dari hasil pencarian yang dilakukan secara pribadi, saya hanya menemukan harga penginapan di sana paling murah berada di angka Rp 800 ribu. Untuk itu saya mencoba menghitung keperluan biaya menginap selama di sana rata-rata Rp 1 juta per hari, maka untuk mendukung Timnas Garuda di fase grup kita membutuhkan keuangan sebesar 13 (hari) Ɨ 1 juta = Rp. 13 juta. Belum lagi kalau sampai final maka dibutuhkan sekitar Rp. 30 juta untuk sewa penginapan. Mungkin dari pembaca ada saran tempat penginapan termurah disana?

Jangan suruh buat cari teman atau keluarga, atau ikut tinggal di asrama mahasiswa, mungkin. Tapi, ada juga sih hotel berbintang 3 yang harga sewanya di kisaran Rp 400 ribuan.

Selanjutnya, yang tidak kalah penting kita harus menyiapkan uang untuk membayar tiket masuk stadion. Untuk harga tiket masuk stadion, kita sudah bisa mendapatkan angka pasti berapa kita harus membayar karena FIFA sudah memberikan info harga tiket di web resmi mereka. Untuk harga tiket FIFA menginfokan dalam dua mata uang, yakni dalam mata uang Rusia dan mata uang Dolar AS.

Untuk harga tiket dalam setiap fase memiliki perbedaan, harga tiket fase grup akan berbeda dengan harga tiket ketika fase gugur babak 16 besar, begitu pula seterusnya sampai partai puncak. Perbedaan harga tiket juga berdasarkan pada posisi tempat duduk di dalam stadion.

Dari laman FIFA, harga tiket di Piala Dunia 2018 terbagi atas 4 Cat yakni Cat 1, Cat 2, Cat 3 dan Cat 4. Cat 1 merupakan yang termahal dari 3 Catnya. Di Fase grup saja, di Cat 1 harga yang ditawarkan USD 210, Cat 2 USD 165, Cat 3 USD 135 dan Cat 4 RUB 1280. Untuk di fase grup ada 3 pertandingan yang harus dilakoni, kita ambil saja harga tiket menengah dengan mengambil kategori Cat 3 seharga USD 135, maka uang yang dibutuhkan 3 (pertandingan grup) x USD 135 = USD 405. Jika dirupiahkan, (1 USD = Rp 14.000) maka USD 405 x 14000 = Rp 5.670.000.

Biaya hidup lain-lain selama disana, anggap saja Rp. 300 ribu perhari. Untuk 13 hari maka dibutuhkan keuangan sebesar Rp 300 ribu x 13 (hari) = Rp 3.900.000 (kita bulatkan saja jadi Rp 4 juta ya).

Bisa ditambahkan, lagi jika Timnas melaju ke babak 16 besar dan seterusnya semakin tinggi uang yang dibutuhkan untuk bisa terus memberikan dukungan kepada Timnas.

Dari perhitungan di atas perkiraan untuk menyaksikan kiprah Timnas Garuda selama di babak penyisihan grup. Tiket Pesawat Indonesia-Rusia (Pulang-Pergi) Rp 54 Juta, 13 hari penginapan sebesar Rp 13 juta (rata-rata Rp 1 juta perhari menginap), harga tiket selama 3 pertandingan Rp 5.670.000, biaya hidup Rp 4 juta. Maka total untuk mendukung Timnas selama di Rusia sekitar, 54+13+5,6+4 = Rp 76,6 juta, kita bulatkan saja menjadi Rp 77 Juta. Wow luar biasa juga ya, kita harus mengeluarkan dana sekitar Rp 77 Juta untuk mendukung Timnas selama berlaga di fase grup, belum lagi kalau Timnas sampai melaju di babak Final. Makin banyak saja uang yang kita butuhkan untuk beri dukungan.

Terlepas dari hitung-hitungan ini, pastinya hanya orang yang pernah kesana yang bisa memberikan gambaran jelas tentang berapa biaya yang dikeluarkan selama berada di sana.

Di sini penulis hanya mencoba berhitung, benar atau salah silakan berikan tanggapan di kolom komentar.

Tags

Artikel Berkaitan

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin