Ulasan

Keren, Hari libur Perpustakaan Daerah Kalsel Diserbu Pengunjung

TandaPetik.Com – Fungsi dan peran perpustakaan sangat penting mengingat perpustakaan adalah sarana sumber belajar tahap awal untuk mencari informasi yang bertujuan menyerap dan menghimpun informasi.

Kesadaran membaca dan menulis atau berliterasi tidak dapat tumbuh dengan sendirinya tanpa berbagai dorongan. Dalam hal ini, keberadaan perpustakaan daerah memiliki peran sentral, bukan hanya dalam hal penyediaan buku, tapi juga menstimulus masyarakat untuk gemar membaca. Dibutuhkan inovasi dan kreatifitas agar keberadaan perpustakaan benar-benar dibutuhkan, sekaligus memberikan manfaat bagi masyarakat.

Banyak cara untuk menghidupkan komunitas pembaca melalui perpustakaan. Misalnya seperti yang telah dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan, dengan menambah jam pelayanan, pada hari Sabtu dan Minggu.

Dari penelusuran TandaPetik.Com, penambahan jam layanan itu pun dinilai pengunjung masih kurang, mereka menginginkan agar layanan perpustakaan pada hari Sabtu dan Minggu disamakan dengan layanan pada jam kerja seperti biasanya, mengingat jam lembur Dipersip Provinsi Kalsel pada hari Sabtu dan Minggu hanya dibuka pada pukul 09.00 – 13.00 Wita.

Terkait hal ini, Kepala Dispersip Provinsi Kalsel, Hj. Nurliani Dardie menjelaskan, untuk memenuhi keinginan tersebut pihaknya harus berkoordinasi secara internal, membuat telaahan kepada atasan, memperhitungkan berbagai aspek seperti keamanan dan lain-lain, termasuk juga anggaran dana.

“Saran dan masukan agar kami menambah jam lebur memang sudah sering disampaikan. Semuanya kami apresiasi, namun kami juga perlu mengkoordinasikan lebih lanjut lagi. Termasuk anggaran, menyampaikan kepada atasan dan aspek lain seperti keamanan,” ungkapnya kepada TandaPetik.Com.

Tingginya minat kunjungan di Perpustakaan Daerah Provinsi Kalsel bisa terlihat pada hari ini, Sabtu, 7 Juli 2018.  Di area parkir, kendaraan pengunjung terlihat padat. Sementara di ruang utama perpustakaan, terlihat pengunjung asyik dengan buku bacaannya.

Ruang perpustakaan anak yang disediakan Dispersip Provinsi Kalsel pun terlihat juga memberikan manfaat tersendiri bagi anak-anak yang berkunjung bersama orangtuanya.

ruang perpustakaan anak
Foto: Ruang perpustakaan anak Dispersip Provinsi Kalsel

Keramaian Perpustakaan Daerah Provinsi Kalsel itu pun ternyata berlanjut menjadi ruang diskusi di media sosial Facebook. Salah seorang orangtua pengunjung menyampaikan ucapan terimakasihnya.

“Trm ksh sdh mnyediakan tmpt gasan anak2 membaca sekaligus bermain,” komentar salah satu pengunjung perpustakaan bernama Noorhana Aminuddin di akun Facebook Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Selatan, Hj. Nurliani Dardie atau akrab disapa Bunda Nunung.

Tags

ardian

Saya adalah penggemar segala hal. Satu hal yang tidak saya gemari, berpikir!

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin