Olahraga

Gilas Vietnam, Indonesia Kokoh di Pucuk Klasemen Sementara Grup A Piala AFF U-16 2018

Garuda Asia (Timnas Indonesia U-16) semakin kokoh di pucuk klasemen sementara grup A setelah tadi menumbangkan Vietnam U-16 dengan skor 4-2.  Kemenangan atas Vietnam, membuat posisi Garuda Asia semakin kokoh.  Dari 3 pertandingan yang sudah dilewati, Garuda Asia sudah membukukan 3 kemenangan dengan poin sempurna di klasemen sementara.grup A.

Pada pertandingan melawan Vietnam di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo (2/8/2018), Garuda Asia sempat dikejutkan dengan gol cepat Vietnam ketika pertandingan baru berjalan 6 menit. Gol Vietnam lahir gelandang mereka Dinh Than Thung yang berhasil mengoyak jala gawang Garuda Asia yang dikawal Ernando Sutaryadi.

Gol balasan Garuda Asia baru lahir 20 menit kemudian, tepatnya di menit ke-26.  Dialah Supriyadi, pemain yang dimasukkan menggantikan Amanar Abdillah, berhasil menyamakan skor penyama kedudukan untuk Garuda Asia.  Supriyadi sebenarnya pada saat mencetak gol ini baru 3 menit berada di lapangan.

Hal ini merupakan sebuah kejelian pelatih Garuda Asia, Fakhri Husaini dalam menentukan strategi ketika melihat anak asuhnya berada dalam kebuntuan serangan ke pertahanan Vietnam.

Di babak kedua, rotasi pemain kembali dilakukan Fakhri Husaini dengan memasukkan Bagus Kahfi menggantikan Sutan Zico.  Di babak kedua, Garuda Asia terlihat menguasai jalannya pertandingan.  Terlihat baru beberapa menit babak kedua berjalan, David Maulana nyaris menyarangkan bola ke gawang Vietnam anda saja tendangan yang dilesakkannya tidak membentur kaki pemain bertahan Vietnam.

Terus melakukan serangan di awal-awal babak, Garuda Asia akhirnya mendapatkan buah manis dari usaha yang mereka lakukan.  Di menit ke-44 (4 menit babak kedua berjalan), David Maulana yang menguasai bola di kotak terlarang Vietnam dilanggar oleh salah satu pemain lawan.  Wasit menyatakan sebuah pelanggaran dan memberikan hadiah penalty kepada Garuda Asia yang berhasil dieksekusi oleh Bagus Kahfi.  Gol Bagus Kahfi ini merubah skor menjadi 2-1 untuk Garuda Asia memimpin atas Vietnam.

Dominasi serangan Garuda Asia begitu terlihat di babak kedua ini, beberapa peluang didapatkan namun gagal berbuah gol.  Peluang tersebut akhirnya berbuah manis di menit ke-60 melalui kerjasama si kembar milik Garuda Asia, Bagus dan Bagas.  Bagas Kaffa yang berhasil menusuk ke kotak penalty Vietnam berhasil memberikan umpan datar melalui sisi kiri gawang Vietnam, umpan tersebut berhasil dikonversi menjadi gol oleh Bagus.  Skor berubah menjadi 3-1 untuk keunggulan Garuda Asia.

Di menit 73, Vietnam memperkecil ketertinggalan mereka melalui titik putih setelah salah satu pemain mereka dilanggar di kotak penalty.  Skor berubah menjadi 3-2.

Namun, di menit-menit akhir jelang pertandingan usai, Andre Oktaviansyah menyumbangkan gol untuk kemenangan Garuda Asia setelah dirinya lolos dari hadangan pemain belakang Vietnam.  Berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Vietnam, Andre dengan tenang mengarahkan bola ke gawang Vietnam.

Dengan kemenangan atas Vietnam, membuat posisi Garuda Asia lebih aman di puncak klasemen dengan selisih 3 poin dari Myanmar yang berada di posisi ke-2.  Sementara Vietnam harus turun ke posisi 3 karena kalah gol dari Myanmar.

Myanmar sendiri di pertandingan ketiga berhasil menang telak atas Filipina dengan skor 7-0, sementara di pertandingan lain Timor Leste menang tipis atas Kamboja dengan skor 2-1.

Asa Garuda Asia lolos ke Semi Final semakin terbuka lebar walau masih menyisakan 2 pertandingan, yakni melawan Timor Leste dan Kamboja.  Sejauh ini di grup A, Garuda Asia sudah mengumpulkan poin 9, sementara pesaing terdekat yakni Vietnam dan Myanmar baru sama-sama mengumpulkan poin 6.

Kamboja dan Timor Leste baru mengumpulkan poin 3 yang kemungkinan sangat tertutup kemungkinan untuk bisa melaju ke babak Semi Final.  Sementara Myanmar dan Vietnam di dua pertandingan terakhir, mereka akan bertemu dan tentunya “akan saling bunuh” untuk menjaga asa mereka untuk lolos ke babak selanjutnya.

Mendapat hasil imbang saja di dua pertandingan terakhir, sudah membuat Garuda Asia lolos dari Grup A.  Apalagi kalau sampai menang ketika berhadapan dengan Timor Leste dan Kamboja.

 

 

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin