Komunitas Tanda Petik

Novel Bumi Manusia Dijadikan Film

TandaPetik.Com Forum Film Indonesia Novel Bumi Manusia Dijadikan Film

Di-tag: 

Topik ini mengandung 0 balasan, memiliki 1 suara, dan terakhir diperbarui oleh  harie insani putra 3 minggu, 4 hari yang lalu.

Melihat 1 tulisan (dari total 1)
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #392

    “Kita telah melawan. Sebaik-baiknya, sehormat-hormatnya.” (Pramoedya Ananta Toer)

    Novel “Bumi Manusia” adalah karya dari sastrawan Indonesia, Pramoedya Ananta Toer. Novel ini merupakan salah satu bagian dari tetralogi Pulau Buru yang ditulis Pram ketika masih diasingkan di Pulau Buru bersama ribuan tahanan politik lainnya karena dicap sebagai Komunis.

    Sutradara Hanung Bramantyo ternyata punya kisah menarik tentang novel ini. Hanung adalah sutradara tenar yang sudah “membidani” lahirnya karya-karya film bernuansa nasionalis mulai dari Sang Pencerah (2010), Gending Sriwijaya (2013), Soekarno (2013), Rudy Habibie (2016), Kartini (2016) dan banyak lagi.

    Hanung ternyata sudah berhasrat menggarap film dari novel Pramoedya Ananta Toer sejak kuliah di Institut Kesenian Jakarta. Pram adalah penulis yang dikagumi Hanung mulai SMA. Salah satu buku favoritnya, “Bumi Manusia” yang merupakan seri pertama Tetralogi Pulau Buru. Ia bahkan sudah sempat bertemu Pram saat masih hidup.

Melihat 1 tulisan (dari total 1)

Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.