Otomotif

Etios Valco 2013, Masih Worthed Tapi Discontinued

TandaPetik.Com – Beberapa waktu lalu saya berkesempatan nunggangin Toyota Etios Valco, tipe G dengan pabrikan 2013. Sebagai mobil kelas City Car, sebut saja Valco, masih mumpuni meski kehadirannya justru hampir menepis pasar Yaris. Memang agak susah menempatkan kelas yang terjepit. Terjepit antara LCGC dengan City Car. Cantik-cantik terjangkau.

Tapi terlepas dari semua spesifikasi yang sobat petik’ers bisa browsing sendiri, Valco eksterior yang cukup bohai. Body tidak bisa dikatakan kecil, mungkin lebih ke montok, berotot, tapi manis. Nah loh.

Valco yang saya tunggangi kebetulan berwarna biru elektrik yang bisa membuat mata tersetrum-setrum. Dari segi eksterior, sudah dimodif dengan Velg Racing Ring 17 berwarna hitam doff. Garnis disekeliling lampu untuk mempercantik dan menambahkan efek mengilat saat terkena sinar UV, atau sinar lampu motor yang berlalu lalang juga.

Menengok interior, saya langsung merasakan keluasan kabin jika dibandingkan dengan rekanan seperti picanto atau Oppa Getz (Hyundai). Dibalik setir yang dilengkali switch controle, posisi mengemudi cukup mudah meski belum dikatakan enak. Tarikan yang empuk tapi tidak terburu-buru. Kebanyakan mobil city car memang menggunakan penggerak roda depan, namun cukup kuat saat saya melewati tanjakan cinta Gunung Apam dan gunungan gunungan Kantor Kegubernuran. Ya, gak bisa dijadikan indikator juga, sih. Yah yang pentik kuatlah, gak impoten.

Stir belum tilt dan telesopic, tapi enak kok. Bantingan tidak terlalu berat tapi ringan. Mempunyai tarikan cukup bandel meski menggunakan penggerak roda depan. Saat duduk di baris kedua, saya merasa headroom yang lumayan luas meski ruang gerak kaki agak sempit. Tapi ini tidak masalah bagi sobat petik’ers yang tidak terlalu tinggi. Kalau mau tinggi, minum susu.

Ada arm rest yang bisa dikatakan standarlah untuk mobil harga 100 jutaan. Sisanya mungkin bagasi yang muat untuk satu koper besar. Untuk mobil yang sudah berumur 5 tahun lebih dikit, Etios Valco masih lumayan, ya daripada LCGC, kan, yak. Itu menurut saya. Jika sahabat petik’ers sedang mencari mobil second budget 120 jutaan tapi gak mau LCGC, mungkin Toyota yang satu ini bisa jadi pilihan. Yang penting ngeceknya detail, teliti, dan saya sarankan bawa mekanik jika beli di showroom.

Jika sahabat petik’ers mencari Etios Valco di tahun 2018 ini, pergerakan harga mungkin tak akan jauh dari 95 juta sampai 110 juta an. Mobil ini sudah dihentikan pabrikannya oleh Toyota. Jadi jika kamu memang harus jeli dalam memilih, maka perhitungkanlah perawatan, tampilan, dan tentu saja indikator serta masa pakai kilometer. Sisanya, tergantung petik’ers. Yakin mau ganti mobil tahun ini? Selamat berburu, ya!

Tags

Ananda Perdana Anwar

Lahir di Pelaihari, tinggal di Banjarbaru, suka jadi driver online, tapi lebih senang nulis curhatan penumpang. Nyambi jadi wartawan, dan alhamdulillah masih beriman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin