Ulasan

Dispersip Kalsel Gelar Lokakarya Penulisan Cerpen Bersama Faisal Oddang

TandaPetik.Com – Seperti yang sudah dijadwalkan oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan jauh-jauh hari lalu, 06 Januari 2019 diadakan lokakarya bersama salah satu penulis berbakat di Indonesia, Faisal Oddang.

Acara ini sendiri terbagi menjadi dua sesi, pertama adalah materi tentang kepenulisan cerita pendek yang dimulai dari pukul 11:00 siang, lalu setelah istirahat untuk makan siang, sesi kedua dilanjutkan dengan penulisan cerpen langsung di tempat.

Kepala Dispersip Provinsi Kalsel, Hj. Nurliani Dardie dalam sambutannya mengatakan bahwa dihadirkannya Faisal Oddang dalam acara ini tak lain adalah untuk meluaskan dunia literasi di Kalimantan Selatan.

“Agar kita, khususnya untuk anak-anak muda, dapat memanfaatkan acara ini sebaiknya-baiknya untuk belajar menulis, terlebih dalam penulisan cerita pendek,” lanjutnya.

Faisal Oddang adalah penulis asal Makassar yang pada tahun lalu mengikuti Lowa International Writing Program 2018, penerima Literarisches Colloquium Berlin Founds 2018, Tokoh Seni Tempo 2015, penulis cerpen terbaik kompas 2014, pemenang sayembara novel DKJ 2014, dan Asean Young Writers Award 2014.

Faisal Oddang, dalam kesempatan kali ini memaparkan makalahnya dengan judul “Menulis: Perjalanan Dari Hipogram Menuju Teks Trasformasi.”

Salah seorang peserta lokakarya, dalam sesi tanya jawab menanyakan, apakah perlu seorang penulis menulis tokoh secara sempurna, harus seutuhnya, atau hanya bagian-bagiannya saja?

Menanggapi pertanyaan itu, Faisal Oddang mengatakan bahwa semua itu tergantung ceritanya membutuhkan apa. Bisa jadi cerita itu hanya berkutat pada masa kecil si tokoh jika seorang penulis mau menceritakan kehidupan seorang anak kecil saja. Atau misal mau menuliskan masa lalunya saja.

“Jadi, tokoh dituliskan sejauh bagaimana cerita itu membutuhkannya,” tutupnya.

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin
%d blogger menyukai ini: