Ulasan

Dispersip Ajak Penulis Leila S Chudori Menikmati Soto Banjar

TandaPetik.Com – Leila Salikha Chudori atau dipanggil Leila S Chudori bakal meet and greet di taman belakang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (11/8/2018). Kedatangan Leila S Chudori ke Kalimantan Selatan ini merupakan pertama kalinya. Saat datang ke Kalimantan Selatan, Jumat (10/8/2018) dia langsung diajak oleh Kepala Seksi Pelayanan dan Kerjasama Dispersip Provinsi Kalsel, Hj Erma untuk makan soto di Depot Soto Banjar, Jalan A Yani km 27.

Leila S Chudori sangat menikmati makan soto banjar langsung di Kalimantan Selatan. Dia mengakui ke Kalimantan Selatan khususnya Banjarmasin ini hendak mengenal para pembaca Kalimantan Selatan.

“Karena saya takjub Perpustakaan ini peduli untuk mengadakan acara minat baca dan menulis; sesuatu yg jarang diselenggarakan di jaman digital. Kedua, saya juga ingin mengenal para pembaca Banjarmasin,” ucapnya.

Selain itu, sembari makan, Leila mengeluhkan biografi yang salah di WikiPedia tentang dirinya. “Maklum di wiki bikinan orang lain,” celetuknya.

Dia pun memberikan biografi sebenarnya kepada tim tandapetik.com, berikut biografinya :

Biografi Leila S Chudori

Leila Salikha Chudori (lahir 12 Desember 1962) yang lebih dikenal oleh pembacanya sebagai Leila S.Chudori, adalah penulis Indonesia yang sudah cerpen-cerpennya sudah dipublikasi sejak masih kanak-kanak. Setelah menempuh Pendidikan di Trent University, Kanada dalam bidang Political Studies dan Comparative Development Studies, Leila menerbitkan antologi cerita pendek Malam Terakhir (Pustaka Utama Grafiti , 1989 yang kemudian diterbitkan ulang oleh Kepustakaan Populer Gramedia 2009). Tahun 1989 Leila bergabung dengan majalah Tempo dan bekerja di sana hingga masa pensiunnya Desember 2017 lalu.

Tahun 2006, Leila menggagas dan menulis skenario drama serial mini televisi “Dunia Tanpa Koma” produksi SinemArt yang dibintangi antara lain oleh Dian Sastrowardoyo, Tora Sudiro, Slamet Rahardjo, Wulan Guritno dan mendapatkan penghargaan sebagai Sinetron Terbaik Festival Film Bandung dan Leila sendiri mendapatkan penghargaan Penulis Skenario Terbaik Festival Film Bandung. Tahun 2008, Leila bekerja sama dengan SinemArt dan Mile Films memproduksi Drupadi yang sekali lagi dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan disutradarai oleh Riri Riza.

Tahun 2012, Leila meluncurkan novel pertamanya berjudul “Pulang” sepanjang 458 halaman yang menceritakan dua generasi Indonesia yang terdampar di Paris. Novel ini menceritakan tentang empat wartawan Indonesia yang tak bisa kembali ke Indonesia setelah peristiwa tragedy 1965. Novel ini memenangkan Khatulistiwa Award untuk Prosa Terbaik 2013 dan dipuji oleh Publishers Weekly sebagai  “ a remarkable book …” dan  “it’s an ambitious saga that intertwines narration from various generations and creates a wide-ranging picture of Indonesia.” World Literature Today  memasukkan novel “Pulang” yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi  “Home”  (terjemahan  John H.McGlynn, diterbitkan oleh Yayasan Lontar dan oleh Deep Vellum, AS). Tahun 2015m World Literature memasukkan “Home”  sebagai satu dari 75 Novel Terjemahan yang Diperhatikan (75 Notable Translations of 2015). Novel ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Belanda, Jerman dan Italia.

Tahun 2017, Leila meluncurkan novel keduanya berjudul “Laut Bercerita” (The Sea Speaks His Name)  yang berkisah tentang para aktivis yang diculik pada tahun 1998 dan belum kembali hingga kini, sekaligus kisah para keluarganya yang terus mencari anaknya.  Peluncuran novel ini sekaligus disertai penayangan film pendek “Laut Bercerita” yang disutradarai Pritagita Arianegara dan diproduksi Yayasan Dian Sastrowardoyo dan Cineria Films, dengan pemain Reza Rahadian dan Dian Sastrowardoyo. []

Tags

ardian

Saya adalah penggemar segala hal. Satu hal yang tidak saya gemari, berpikir!

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin