Tips dan Trik

Dapat Informasi Cepat tapi Tidak Tepat, Buat Apa? Tips Menyaringnya

TandaPetik.com – Banyak orang ingin mendapat informasi secepat mungkin namun sedikit yang ingin setepat mungkin. Mudahnya mencari informasi di zaman penuh teknologi ini membuat kita harus mampu menyaring sendiri mana informasi yang benar dan mana yang tidak.

Banyaknya sumber informasi yang kita dapatkan tidak semuanya benar. Kita sebagai pemburu informasi justru berperan pula sebagai penyaringnya. Agar informasi atau berita yang kita peroleh bisa bermanfaat sebagaimana mestinya.

Contohnya informasi mengenai penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang kabarnya akan dilaksanakan pada akhir bukan Juli 2018 ini. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) menyatakan bahwa jadwal untuk penerimaan masih fleksibel karena memperhitungkan formasi-formasi yang dibutuhkan.

Berbagai macam pertimbangan mungkin menjadi alasan dari fleksibelitas jadwal penerimaan CPNS yang akan berlangsung nanti. Sehingga tidak sedikit dari situs-situs resmi maupun non resmi yang memberikan informasi terkait kelanjutan dari informasi penerimaan ini. Bukan hanya pada jadwal penerimaan CPNS saja, banyaknya situs-situs informasi ingin memberikan semua yang berkaitan dengan syarat-syarat dan ketentuan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu oleh pelamar.

Kebanyakan orang memang ingin mendapatkan informasi secepat mungkin. Namun, sedikit dari mereka yang ingin mendapatkan informasi setepat mungkin. Hingga yang ditakutkan adalah hilangnya sebuah kesempatan karena mendapatkan informasi cepat namun tidak tepat.

Hal ini sudah banyak terjadi dimana seseorang hanya mengandalkan informasi dari sebuah berita tanpa memeriksa situs resmi dari yang seharusnya. Akhirnya mengakibatkan kerugian bagi orang tersebut.

Jadi memang menyaring sebuah informasi adalah hal yang wajib bagi kalian para seeker. Ada beberapa tips untuk menyaring informasi ini.

Tips menyaring informasi

  • Pertama, pastikan kalian membuka situs resmi dari informasi yang kalian inginkan. Misalnya kalian yang ingin melanjutkan kuliah ke Universitas, pastikan kalian mendapatkan informasi dari Universitas yang kalian tuju atau situs resminya. Apabila mendapatkan informasi lebih cepat di situs non resmi, jangan menjadikan hal tersebut sebagai acuan, cukup sebagai referensi saja.
  • Apabila informasi dari situs resmi yang kalian tuju belum mengeluarkan informasi terbaru mereka atau kalian kesulitan mendapatkan Updatenya, hubungi contact person yang terdapat di sana.
  • Sering-seringlah mencari informasi bukan hanya pada internet saja. Jika tempat informasi itu dekat, luangkan waktu untuk pergi ke sana.
  • Jangan takut bertukar informasi. Kalian juga bisa berbagi informasi yang kalian punya lalu bertanya pada teman-teman kalian. Bukan hal yang tidak mungkin jika mereka memiliki potongan informasi yang kalian butuhkan.

Beberapa tips di atas semoga membantu kalian ketika mencari informasi yang tepat dan bukan hanya cepat. Terlihat rumit pada awalnya, tapi percayalah bahwa rumit memang menjadi langkah baik untuk sebuah pencapaian yang sesuai bagi kalian. semoga bermanfaat teman-teman.

Desita H. Putri

"Karena berpendapat adalah hak semua manusia, mungkin karena itu pula bahasa tercipta"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin