Olahraga

Daftar Penerima Penghargaan di Piala Dunia 2018

TandaPetik.Com – Piala Dunia 2018 sudah berakhir seiring keluarnya Prancis sebagai juara setelah menang 4-2 atas Kroasia. Kemenangan tersebut mengantarkan Prancis keluar sebagai juara untuk kali kedua setelah sebelumnya untuk pertama kalinya mereka juara di tahun 1998 sekaligus tuan rumah piala dunia.  Tentunya dengan keberhasilan juara di tahun2018, Prancis berhasil kembali membawa tropy piala dunia pulang ke kampung halaman setelah 20 tahun bertandang ke 4 negara yang berbeda, yakni ke Brasil (2002), Italia (2006), Spanyol (2010) dan German (2014).

Piala Dunia tahun ini ada beberapa penghargaan yang diberikan FIFA sebagai bentuk apresiasi kepada para pemain atau tim yang berhasil menjadi top skor, pemain terbaik, pemain muda terbaik, kiper terbaik dan tim paling fair play.

Luka Modric, Peraih Adidas Golden Ball (Pemain Terbaik)

Luka Modric menjadi pemain terbaik dalam Piala Dunia 2018, hal ini berdasar pada penilaian yang diberikan oleh Tim Studi Teknis FIFA yang menunjuk Modric sebagai pemain terbaik di akhir final.  Modric berhasil mengalahkan Eden Hazard (Belgia) dan Antoine Griezman (Prancis) yang menempati posisi kedua dan ketiga yang masing-masing menerima Adidal Silver Ball dan Adidas Bronze Ball.

Adidas Golden Ball selalu diberikan FIFA kepada para pemain terbaik di Piala Dunia, hal ini sudah dimulai sejak 1982.  FIFA selalu memberikan penilaian kepada para pemain yang benar-benar luar biasa untuk mendapatkan bola  emas ini.  Semenjak 1982-2014 beberapa pemain yang pernah menerima Adidas Golden Ball antara lain Paolo Rossi (Italia/1982), Diego Maradona (Argentina/1986), Salvatore Schillaci (Italia/1990), Romario (Brasil/1994), Ronaldo (Brasil/1998), Oliver Kahn (German/2002), Zinedien Zidane (Prancis/2006), Diego Foraln (Uruguay/2010) dan Lionel Messi (Argentina/2014).

Harry Kane, Berhasil Bawa Pulang Sepatu Emas

Harry Kane keluar sebagai top skor piala dunia 2018, dan berhak menerima sepatu emas (adidas golden boot) dari FIFA.  Bermain bersama Timnas Inggris, Kane berhasil menorehkan 6 gol dari 7 pertandingan.  Kane memiliki selisih 2 gol dari Griezman (Prancis) dan Lukaku (Belgia) yang berada di urutan 2 dan 3 top skor yang sama-sama mengoleksi 4 gol.

Kane menjadi pemain kedua dari Inggris yang berhasil menjadi top skor di piala dunia, sebelumnya di piala dunia 1986 Gary Lineker juga berhasil menjadi top skor dengan torehan gol yang sama sebanyak 6 gol.

Thibaut Courtois, Walau Timnya Juara 3 Berhak Bawa Adidas Golden Glove

Courtois berhak membawa pulang sarung emas (Adidas Golden Glove) sebagai kiper terbaik di Piala Dunia 2018.  Dia berhasil menjadi pemain terbaik berdasar pada keputusan Tim Studi Teknsi FIFA.

Pemberian penghargaan kepada kiper terbaik piala dunia sudah dilaksanakan semenjak piala dunia 1994, namun namanya bukan Adidas Golden Glove tetapi Yashin Award.  Baru di tahun 2010, penghargaan Adidas Golden Glove diberikan kepada kiper terbaik.  Di tahun 1994-2006 pemberian penghargaan Yashin bertujuan sebagai bentuk penghormatan kepada mantan kiper Lev Yashin yang berkebangsaan Uni Soviet.

Semenjak 1994-2006 sewaktu masih bernama Yashin Award, kiper-kiper yang pernah menerima penghargaan sebagai kiper terbaik piala dunia antara lain Michel Preud’homme (Belgia) di tahun 1994, Fabien Barthez (Prancis) di tahun 1998, Oliver Kahn (German) di tahun 2002, Gialuigi Buffon (Italia) di tahun 2006.  Selanjutnya, dari 2010-sekarang, Yashin Award berubah menjadi Adidas Golden Glove Awar yang di tahun 2010, Iker Casillas (Spanyol) keluar sebagai peraih kiper terbaik, dan di tahun 2014 Manuel Neuer (Jerman), dan di tahun ini Courtois keluar sebagai penerima gelar kiper terbaik.

Keluarnya Courtois sebagai kiper terbaik di piala dunia tahun ini, mencatatkan kalau Belgia sebagai Negara yang mendapat gelar kiper terbaik semenjak tahun 1994.

Kylian Mbappe, Pemain Muda Terbaik

Sepertinya Prancis menjadi penghasil bibit-bibit muda yang potensial menjadi pemain muda terbaik (FIFA Young Player award).  Setelah di piala dunia 2014 Paul Pogba keluar sebagai pemain muda terbaik, kini di piala dunia tahun ini kembali Kylian Mbappe keluar sebagai pemain muda terbaik di piala dunia.

Dalam menentukan pemain muda terbaik, FIFA melakukan penilaian berdasar pada tingkat keterampilan, gaya bermain yang muda dan menyegarkan, kreativitas dan menginspirasi, dan hal-hal lain.

Spanyol, Tim Penerima Fair Play Trophy

Walau terjungkal di babak 16 besar setelah kalah adu penalty dari tuan rumah, Rusia.  Timnas Spanyol masih berhak mendapatkan penghargaan sebagai tim yang memiliki catatan terbaik oleh Tim Studi Teknis FIFA.  Sebelumnya di Piala Dunia 2014, Brasil, Tim Kolombia keluar sebagai tim yang menerima Fair Play Trophy dari FIFA.

 

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin