Ulasan

Catatan MTQ XVI Tingkat Kota Banjarbaru dan Tabligh Akbar Tuan Guru Bajang (Bag 2)

TandaPetik.Com – Tidak seperti yang diperkirakan, yang awalnya karpet merah disediakan untuk rombongan ternyata tidak dilewati. Malah, lewat di depan jamaah yang hadir untuk menaiki panggung. Beberapa orang termasuk penulis terkejut melihat Tuan Guru Bajang tiba-tiba datang.

Acara pun dimulai, MC mulai memperkenalkan para tamu undangan yang hadir. Seperti Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani, Wakil Walikota Darmawan Jaya Setiawan, Walikota Banjarbaru periode 2010-2015 M.Ruzaidin, Ketua DPRD Banjarbaru AR Iwansyah, Ketua MUI Banjarbaru serta lainnya.

Acara pembukaan MTQ XVI Tingkat Kota Banjarbaru dan Tabligh Akbar Tuan Guru Bajang ini dimulai dengan mengumandangkan Lagu Indonesia Raya, Mars MTQ dan Mars Banjarbaru mengikuti setelahnya.

Sebelum beranjak ke tabligh akbar, laporan panitia, yang dibawakan Wakil Walikota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan menyebutkan, “Bermula awalnya MTQ ini harusnya dilakukan di kecamatan, tapi untuk membesarkan Tilawatil Quran, maka diadakan di depan balai walikota dan mengundang TGB,” ucapnya.

Dalam sambutan tersebut disampaikan pula jumlah peserta yang mengikuti MTQ XVI tingkat Kota Banjarbaru sebanyak 34 orang.

Setelah laporan panitia, sambutan dibawakan oleh Kepala Kemenag Kota Banjarbaru dengan diakhiri sebuah pantun. Acara sambutan kemudian dilanjutkan Walikota Banjarbaru sekaligus membuka acara secara resmi.

“Harapkan menurunkan keberkahan di kota kita ini,” ucap Walikota Banjarbaru. “Alhamdulillah bisa mendengarkan tausyiah beliau (TGB, red). Meski ada pertandingan bola Indonesia vs Vietnam dan Piala Dunia, tapi buhan Pian tetap (jamaah) hadir,” ucap Nadjmi Adhani.

Setelah berbagai sambutan, jamaah yang hadir diajak mendengarkan dan melantunkan lagu Din Assalam yang dibawakan oleh Benua Raya Simfoni. Syair itu populer setelah dinyanyikan oleh Annisa Sabyan.

Tabligh Akbar Tuan Guru Bajang, Mars Banjarbaru Luar Biasa

 

“Semoga kita dikuatkan oleh Allah SWT,” ucap TGB. “Ketika ada pengajian kita duduk mendengarkan, ketika ada tausyiah kita mendengarkan. Anak-anakku, akan lahir pemimpin yang hebat untuk Kota Banjarbaru. Malam hari ini saya mendapatkan dua hadiah, pertama saya mendengarkan mars Banjarbaru yang luar biasa, kalau saya pulang, minta buat mars mirip dengan mars Banjarbaru,” ucapnya.

Tabligh Akbar Tuan Guru Bajang, Orang Banjarbaru Adabnya Kelas Tinggi

 

Dalam kesempatan itu, Tuan Guru Bajang menyebutkan bahwa orang Banjarbaru adabnya kelas tinggi. Alasan Tuan Guru Bajang menyebut demikian karena tidak menggunakan istilah mantan walikota.

“Kedua, malam hari bahwa orang Banjarbaru adabnya kelas tinggi, seperti penyebutan Walikota Ruzaidin, tidak istilah mantan walikota, tapi disebut dengan Walikota Periode 2010-2015, saya kalau hadir di acara pejabat disebut namanya bapak mantan walikota, Alhamdulillah di Banjarbaru disebut Walikota Banjarbaru periode 2010-2015,” ujar TGB.

“Itu menghargai pemimpin kita, sampai kapan pun, yang namanya pemimpin, tetap pemimpin.”

Hormati orang tuamu, hormati pemimpinmu. Kalau ada keliru ya nasehati, kalau susah ketemu, doakan.

Tabligh Akbar Tuan Guru Bajang, Kagum Guru Sekumpul dan Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari

 

Begitu sampai TGB di tengah tabligh akbarnya. TGB juga mengaku sangat mengagumi Guru Sekumpul dan Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.

“Saya sangat ingin datang haulan Sekumpul, waktu baca di koran bahkan sampai 11 ribu yang hadir, Β tapi saya tidak bisa,” tambahnya. (selesai, bagian pertama bisa Anda baca di sini)

Tags

ardian

Saya adalah penggemar segala hal. Satu hal yang tidak saya gemari, berpikir!

Artikel Berkaitan

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin