Seleb

Boikot Rok Mini Blackpink, KPI Dinilai Tidak Adil

TandaPetik.Com – Blackpink sebuah girl grup baru K-POP Korea Selatan masih ramai menjadi perbincangan netizen. Pasalnya, penampilan seksi dan menggoda dengan mengenakan rok mini pada iklan shopee mendapat perhatian serius Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Penampilan rok mini Blackpink dinilai KPI berpotensi melanggar pasal 9 ayat 1 SPS KPI tahun 2012, tentang kewajiban program siaran memperhatikan norma kesopanan dan kesusilaan yang dijunjung oleh keberagaman khalayak terkait budaya. Hal tersebut ditegaskan Komisioner sekaligus Koordinator bidang Isi Siaran KPI Pusat, Hardly Stefano.

“Jika kami masih menemukan tayangan yang sama sebagaimana dimaksud dalam surat peringatan, KPI akan menjatuhkan sanksi sesuai dengan regulasi yang ada,” pungkasnya dilansir tagar.id

Meski demikian, keputusan KPI tersebut ditentang banyak netizen dengan membuat petisi di laman change.org. Alasannya, KPI dinilai tidak bijak dalam mengambil keputusan.

Pemilik akun change.org, Madia Ulfah menyebut bahwa iklan tayang juga tidak sembarang, apalagi pihak shopee telah mendapat izin dari Lembaga Sensor Film Indonesia.

“Iklan itu gak serta merta tayang begitu aja. Pasti sebelum penanyangan sudah ada izin dari pihak pemerintah untuk layak atau tidaknya. Dan pihak Shopee juga mengakui bahwa sudah mendapat izin dari Lembaga Sensor Film Indonesia untuk penayangan iklan dan mengikuti setiap regulasi yang ada,” ungkapnya.

Madia Ulfah juga menanggapi hal tersebut dengan mengumbar sinetron yang melakukan hal yang sama juga. KPI dinilai tidak bijak dalam mengambil keputusan atas pengaduan masyarakat dan ada niat untuk mendapat keuntungan.

“Apa kabarnya pengaduan banyak orang tentang keresahan sinetron yang kurang mendidik seperti adegan vulgar cinta anak SMA, berpakaian minim di sinetron SMA, adegan berdua-duaan di sinetron SMA & masih banyak lagi? Kok KPI diam saja & hanya menghentikan sementara acara tersebut tapi nanti akan muncul kembali. Jangan sampai KPI itu seperti terlihat memilih-milih mana yang menguntungkan & mana yang tidak menguntungkan untuk diambil tindakan. KPI tolonglah bijak & adil. Salam hangat,” tambahnya.

Senada hal tersebut, pemilik akun lain, Vera Carolina juga menuliskan sikapnya menolak boikot iklan Blackpink Shopee.

“Kami menolak iklan shopee Blackpink diboikot, menurut mereka iklan ini tidak pantas. Tetapi menurut kami yang harus dihentikan adalah sinetron Indonesia yang memiliki dampak buruk bagi penerus bangsa Indonesia,” tulisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin
%d blogger menyukai ini: