Kuliner

Begini Cara Mudah Membuat Ikan Bakar Tanpa Perlu Berasap Ria

TandaPetik.Com – Siapa diantara kalian di sini yang suka masakan bakar-bakaran? Menikmati aroma bakar dari ikan favorit di jam makan siang sungguh menggiurkan. Belum lagi riuh dari hiruk pikuk teman yang mengantri meminta jatah ikan bakarnya disela-sela kegiatan memanggang. Ah… makanan nikmat lain mungkin tidak akan menyingkirkannya. Tetapi sekarang sudah banyak produk-produk dapur yang mempermudah cara memasak sehingga lebih cepat dan sederhana. Sayangnya, ada rasa yang tidak dapat digantikan walau dengan barang baru yang membantu pekerjaan di dapur.

Memanggang dengan cara sekarang sangat mudah. Cukup memakai wajan yang anti lengket dan ikan bakar sudah sia untuk disajikan. Hal ini sangat membantu bagi orang-orang (ibu-ibu khususnya) yang bekerja dan hanya memiliki waktu sedikit untuk mempersiapkan makan siang. Bisa jadi dengan alasan kelelahan setelah pulang bekerja namun tetap ingin membuat ikan bakar sendiri. Tentu saja alat-alat seperti ini bermanfaat.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, ada rasa yang tidak dapat digantikan. Aroma dari arang yang dibakar dan ikan bakar yang berasap karena bumbu ikan yang menetes di arang yang membara. Rasa dari ikan yang di bakar dengan arang dan yang dibakar secara ringkas dengan alat modern sekarang berbeda. Menurut saya pribadi, ikan bakar jau lebih enak jika dibakar dengan arang sebagaimana cara memanggang yang semestinya. Jelas sekali bahwa memanggang menggunakan arang tidak sederhana. Menunggu arangnya siap saja perlu waktu, belum lagi menjaga agar baranya tidak menjadi api dan menghanguskan ikan.

Di keluarga saya, memanggang dengan arang tidak lagi demikian. Maksud saya adalah, kita dapat mengefesiensikan waktu membuat arang menjadi membara dengan trik tertentu. Sehingga waktu memanggang bisa lebih cepat, rasa yang kita inginkan juga tetap terjaga. Caranya juga mudah. Yaitu dengan menyiapkan arang yang berukuran sedang dan menaruhnya di lingkaran kompor gas yang kita punya di dapur. Jika tidak memiliki kompor gas, kompor sumbu juga bukan masalah.

Selanjutnya hanya menunggu hingga arang menjadi bara dan memindahkannya ke pemanggang dengan hati-hati. Arang akan bertahan lama dan ikan bakar juga dipastikan tidak hangus karena arangnya tidak akan berapi. Langkah selanjutnya sama saja dengan cara kalian memanggang seperti biasa.

Dulu kita harus mempersiapkan minyak gas atau bensin untuk membuat arang bisa menjadi bara, dan itu sungguh sulit. Trik ini sebenarnya dilakukan oleh ibu saya yang ingin memakan ikan bakar masakan sendiri namun terlalu lelah untuk membuatnya. Ibu saya juga tidak memiliki persediaan minyak gas untuk membuat baranya. Akhirnya beliau menemukan cara ringkasnya. Hebat.

Sudah lama keluarga kami memanggang dengan cara ini dan ketika tatangga saling bercerita betapa kerepotannya mereka membuat bara panggangan kami menceritakan cara kami. Mereka menirunya dan berhasil. Bukan hanya tetangga, saya juga melakukannya sekarang. Sangat membantu.

Saya sudah mencoba dan merasakan kemudahan ini tanpa bergantung dengan pembaharuan alat moden. Mungkin insting lah yang membuat kita berhasil menemukan cara bertahan dengan sesuatu yang kita sendiri tidak dapat menebaknya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tags

Desita H. Putri

"Karena berpendapat adalah hak semua manusia, mungkin karena itu pula bahasa tercipta"

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin