Kesehatan

Awas Serangan Radiasi, Antara Mobile Legends dan Gadget

TandaPetik.Com – Baru-baru ini ada pemberitaan terkait seorang wanita asal Filipina bernama Mhary Munda Idaman, mengalami stroke akibat bermain Mobile Legends. Dikatakan kalau wanita tersebut mengalami stroke setelah bermain Mobile Legends dalam waktu yang lama, katanya dia bermain sampai satu malam hanya demi mengejar top global bagi Hero favoritnya.Lantas, layakkah dengan stroke-nya wanita tersebut Mobile Legends disalahkan sebagai penyebab?

Bisa jadi Mobile Legends menjadi penyebab dia ambruk dan harus dirawat di Rumah Sakit. Namun, menuduh Mobile Legends sebagai penyebab utama tidaklah tepat, dan ada hal yang paling utama menjadi penyebab kenapa Mhary harus dirawat di rumah sakit.

Penyebab utama ambruknya Mhary, kemungkinan karena lamanya dia menerima radiasi dari gadget yang dia gunakan untuk bermain Mobile Legends. Seperti hasil penelitian University College London yang dilansir dari Tribun, pernah melakukan penelitian yang menghasilkan kesimpulan, menghabiskan waktu 4 jam atau lebih di depan gadget atau komputer bisa menyebabkan gangguan sistem peredaran darah.

Gadget atau komputer merupakan peralatan elektronik yang sekarang ini tidak bisa lepas dari tangan manusia, dari anak-anak hingga dewasa sudah terbiasa dengan alat-alat ini. Nah, seperti yang kita tahu ternyata, alat-alat elektronik seperti gadget dan komputer ini mengeluarkan radiasi yang bisa memberikan dampak negatif bagi para penggunanya.

Dilansir dari blog HKMF Universitas Sriwijaya, semua alat elektronik mengeluarkan radiasi sejenis medan elektromagnetik (electromagnetik field/EMF). EMF merupakan jenis radiasi yang non-ionisasi atau radiasi yang energinya bahkan tidak cukup untuk mengionisasi atom atau mengeksitasi elektron, berbeda dengan radiasi uranium yang merupakan radiasi ionisasi. Namun, jenis radiasi ini juga sangat berbahaya jika pemaparannya terjadi secara berulang atau terus menerus.

Dr Setia djit Yong, dilansir dari HKMF Universitas Sriwijaya menyebutkan, batas medan elektromagnetik yang bisa ditoleransi tubuh manusia hanya 2,5 Mili Gauss (mG), sedangkan laptop bisa mengeluarkan radiasi lebih dari 150 mG saat digunakan.

Kasus yang dialami Mhary merupakan dampak negatif dari radiasi gadget/handphone yang dia gunakan bermain Mobile Legends. Gadget memberikan efek radiasi selain stroke yang dialami Mhary, juga membuat pengguna menjadi gampang mengantuk, susah tidur (insomnia), menurunkan tingkat kecerdasan, mempengaruhi fungsi otak pada anak-anak, pemicu kanker mulut, berbahaya bagi janin di dalam kandungan.

Selain gejala di atas juga menyebabkan ketulian, mempengaruhi tingkat kesuburan pria, penyebab terjadinya infeksi mulut, peningkatan anrisikoautis pada anak, pemicu timur otak, membuat pembuluh darah di leher menyempit yang berpotensi menyebabkan tekanan darah menjadi meningkat.

Katanya, pemakaian gadget/ponsel dalam waktu 35 menit dapat menaikkan tekanan darah 5-10 mmHg. Ketika kita mengoperasikan dan menggunakan laptop, maka medan magnetik yanga terima 60 kali lipat dari batas kewajaran toleransi.

Radiasi laptop atau komputer sangat berdampak buruk bagi tubuh kita. Efek dari terkena radiasi ini baru bisa dirasakan dalam 15-20 tahun ke depan, karena efek radiasi dari komputer/laptop tidak terlihat secara langsung. Efek negatif dari radiasi ini seperti rabun mata, katarak, bahkan sampai terjadi epilepsi.

Bahaya Radiasi Gadget

Ternyata apa yang dialami oleh Mhary hanya sebagian contoh kecil dari bahaya radiasi yang dikeluarkan gadget. Selain stroke yang dialami oleh Mhary masih banyak efek negatif yang sangat berpengaruh terhadap tubuh akibat radiasi alat elektronik yang digunakan.

Sering kita melihat kondisi sekarang anak-anak sudah diizinkan untuk memegang atau bermain gadget. Seharusnya anak-anak dibatasi dalam menggunakan gadget bukan karena alasan takut dia bermain dengan angka “18+”, tapi juga mengarah pada kondisi kesehatan anak tersebut agar tidak terkena serangan radiasi gadget tersebut.

Sudah selayaknya kita membatasi penggunaan alat-alat elektronik, gunakan seperlunya saja dan bertanggung jawab. Apa yang dialami oleh Mhary bukan semata karena dia bermain Mobile Legends, tapi ke arah bagaimana untuk menyadari kalau bermain gadget akan mendapatkan dampak negatif dari radiasi gadget itu sendiri.

Efek dari radiasi alat elektrik  ini tidak hanya dalam waktu cepat seperti stroke dan meningkat tekanan darah, namun juga bisa berdampak di 15-20 tahun ke depan. Mari Bijak Dalam Menggunakan Alat Elektronik, Khususnya Gadget dan Komputer.

Anda masih bisa Double Kill, Triple Kill, Maniac, Savage. Tapi harus ingat waktu, sayangi tubuh anda karena Nana atau Rafaela atau Estes tidak bisa kasih heal untuk menyembuhkan anda. Kesembuhan hanya berasal dari diri anda yang menjaga kesehatan.

Tags

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin