Ulasan

53 Arsiparis Kalsel Berkumpul, Ini yang Mereka Lakukan

Saling Belajar dalam Bimtek Penyusunan Perhitungan Angka Kredit

TandaPetik.Com – Berbagai langkah strategis terus dilakukan oleh Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan dalam hal peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), tidak hanya melulu soal penulisan, perbukuan, tapi juga dibidang arsip. Kali ini giliran 53 orang Arsiparis mendapatkan bimbingan teknis (Bimtek) mengenai penyusunan perhitungan angka kredit di Balai Pengembangan Teknologi Pangan Jalan Panglima Batur Barat no.4 Banjarbaru, Senin (2/7/2018).

Acara dibuka oleh Kabid Pembinaan dan Pelayanan Kearsipan, Dra. Hj. Chozanatun Nisa atas nama Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Prov Kalsel.

Melalui sambutannya, seperti yang dirilis oleh pihak Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel, Chozanatun menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan SDM bidang Kearsipan se Kalimantan Selatan agar mengerti, memahami dalam penghitungan angka kredit.

Saat dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Perpustakaan Daerah dan Kearsipan Provinsi Kalsel, Hj Nurliani Dardie menyampaikan bahwa banyak sekali ragam kegiatan yang dilaksanakan hampir dalam setiap harinya. Baik itu mengenai perpustakaan maupun kearsipan.

“Kami tidak hanya perpustakaan saja yang memiliki kegiatan hampir setiap harinya, tapi juga bidang kearsipan,” terangnya kepada TandaPetik.Com.

Sekadar informasi, bagi Anda yang belum mengetahui apa itu Arsiparis, mereka adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan kearsipan pada instansi pemerintah. Tidak termasuk kegiatan mengurus, memberkaskan dan mengelola arsip-arsip aktif. Kegiatan kearsipan adalah kegiatan dalam bidang pembinaan, pengelolaan dan pelayanan arsip, penilaian dan penyelesaian arsip serta pemasyarakatan arsip.

Dalam melaksanakan pekerjaan, Arsiparis memiliki tugas:

  • Mengembangkan sistem kearsipan yang tepat sesuai dengan corak,warna, bentuk dan sistem administrasi yang dikembangkan pada suatu instansi;
  • Mengolah informasi secara profesional untuk menetapkan klasifikasi informasi untuk menjamin pertanggungjawaban nasional secara efisien;
  • Merancang suatu sistem layanan/penggunaan arsip untuk berbagai kepentingan secara aman, tepat sasaran, tepat guna dan tepat waktu
  • Melakukan pembinaan pelaksanaan tertib kearsipan pada suatu struktur organiasi instansi;
  • Merancang publikasi arsip untuk mendukung kegiatan keilmuan, praktisi dan masyarakat umum;
  • Melaksanakan kegiatan kerarsipan;
  • Mengembangkan wawasan keilmuan untuk peningkatan jenjang profesionalsime.
Baca juga Artikel Berikut:
Tags

harie insani putra

Penulis kambuhan. Kadang menulis dengan jurus mabuk.

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin