Ulasan

20 Perwakilan Dispersip dan Universitas Kalsel Mengikuti Workshop SIKN dan JIKN

TandaPetik.Com – Sebanyak 20 orang dinas kearsipan provinsi, kabupaten/kota, dan Universitas Lambung Mangkurat mengikuti Workshop Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) yang dilaksanakan tanggal 13-14 Agustus 2018 di Hotel Novotel, Banjarbaru.

Terlaksananya workshop ini dimaksudkan untuk menerapkan aplikasi SIKN berbasis Access to Memory (AtoM) dan website JIKN (www.jikn.go.id) ke seluruh lembaga kearsipan provinsi, kab/kota, dan perguruan tinggi negeri sebagai simpul jaringan.

Menurut, Kepala Pusat SIKN-JIKN Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Desi Pratiwi, tujuan dilaksanakan workshop adalah agar simpul jaringan dapat dengan cepat dan mudah berpartisipasi secara aktif untuk menginput informasi arsip statis ke dalam SIKN.

“Sehingga publik dapat mengaksesnya melalui website JIKN untuk dimanfaatkan sesuai kebutuhan mereka,” katanya dalam sambutan.

Penyelenggaraan SIKN dan JIKN merupakan amanat UU No. 43 Thn 2009 tentang Kearsipan untuk memberikan informasi yang autentik dan utuh dalam mewujudkan arsip sebagai tulang punggung manajemen penyelenggaraan negara, memori kolektif bangsa, dan simpul pemersatu bangsa dalam kerangka NKRI. Selain itu, JIKN berfungsi untuk meningkatkan layanan akses arsip kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kersipan Provinsi Kalimantan Selatan Hj Nurliani Dardie menyampaikan dia sangat berterima kasih kepada ANRI telah meluangkan waktu mereka untuk workshop di Kalimantan Selatan. “Bunda sangat mengapresiasi kepada ANRI,” ucapnya.

Workshop dibuka oleh Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan ANRI. Sebelumnya, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan berkenan memberikan sambutan selamat datang kepada seluruh peserta workshop dan narasumber dari ANRI.[]

Tags

ardian

Saya adalah penggemar segala hal. Satu hal yang tidak saya gemari, berpikir!

Artikel Berkaitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda
WhatsApp chat Chat Admin